• BLOG BAWANA TIDAK LAGI DIUPDATE!!!

    MOHON KLIK DI SINI

    DAFTAR ARTIKEL

    bintangbangsaku.com adalah portal Anda menuju seluruh jejaring Bintang di bawah ini

    sekolah.bintangbangsaku.com blog khusus untuk kegiatan TK Bintang Bangsaku

    pics.bintangbangsaku.com blog khusus untuk dokumentasi kegiatan TK Bintang Bangsaku

    artikel.bintangbangsaku.com blog khusus untuk tulisan/artikel tentang PAUD dalam bahasa Indonesia

    schema.bintangbangsaku.com blog khusus untuk tulisan/artikel tentang Psikologi dan Layanan Konsultasi/Tes Psikologi

    bocahkecil.info blog khusus untuk yang berbahasa Inggris

    bawana.wordpress.com blog yang tidak lagi diupdate

    bintangbangsaku.org situs yang akan dikembangkan menjadi kampus PAUD online

  • Sejak 28-3-08, anda adalah pengunjung yang ke :

    • 216.549

Minat

Pengertian minat menurut kamus bahasa indonesia, berarti perhatian atau kesukaan pada suatu obyek (Poerwodarminto, 1983). Menurut Jones (dalam Indarto, 1994) minat diartikan sebagai suatu perasaan terhadap suatu obyek berupa benda atau situasi tertentu, dan perasan suka ini dimanifestasikan dalam bentuk reaksi nyata atau berupa angan-angan saja. Perasaan ini tidak dapt ditentukan secara obyektif tetapi hanya daapt diketahui dari pernaytaan yang dibuat subyek sendiri.

Asher, Tiffin, dan Knight (1953) mengartikan minat sebagai sikap atau kondisi psikologis yang ditandai dengan pemusataan perhatian terhadap masalah-masalah atau aktivitas tertentu atau sebagai kecenderungan untuk memahami suatu pengalaman dan akan selalu diulang. Selain itu minat juga diartikan sebagai suatu perasaan senang yang dihasilkan dari adanya perhatian khusus terhadap sesuatu atau aktivitas tertentu. Hal ini senada dengan pendapat Lukas dan Britt (dalam Indarto, 19930 di mana minat bukan sekedar suatu proses mekanik dari perhatian karena di dalamnya tercakup masalah peresaan (feeling).

Skinner (1977) mengemukakan bahwa minat selalu berhubungan dengan obyek yang menarik indivisdu, dan obyek yang menarik adlah yang dirasakan menyenangkan. Apabila seseorang mempunyai minat terhadap suatu obyek maka minat tersebut akan mendorng seseorang untuk berhubungan lebih dekat dengan obyek tersebut, yaitu dengan melakukan aktivitas lebih aktif dan positif demi mencapai sesuatu yang diminatinya.

Chaplin (dalam Hastuti, 1993) memberikan definisi minat sebagai suatu pernyataan yang menyatakan bahwa satu aktivitas, pekerjaan, atau obyek itu berharga atau berarti bagi individu. Minat juga merupakan sikap yangberlangsung selektif terhadap obyek minatnya. Selain itu menurut Chaplin, minat adalah suatu keadaan motivasi yang menuntun tingkah laku seseorang menuju satu arah aatau sasaran tertentu. Walgito (1082) juga memberi definisi yang hampir sama yaitu sebagai suatu keadaan ketika seseorang menaruh perhatian pada sesuatu dan disertai dengan keinginan untuk mengtahui dan mempelajari serta membuktikan labih lanjut tentang itu.

Di dalam minat itu sendiri terkandung unsur kognitif, emosi, atau afektif dan kemauan atau konatif untuk mencari sesuatu obyek tertentu (Lauw, 1992). Eysenck dan Arnold (dalam Indarto, 1993) menyatakan minat merupakan kecenderungan berperilaku yang pada setiap individu berbeda intensitasnya, karena minat dipengaruhi oelh kebutuhan atau kepentingan individu akan suatu obyek minat itu. Semakin individu membutuhkan atau tertarik terhadap obyek minat tersebut, semakin besar pula minatnya.

Drever (1982) meninjau minat berdasarakan fungsi dan strukturnya . Secara fungsional minat merupakan suatu jenis pengalaman perasaan yang dianggap bermanfaat dan diasosiasikan dengan perhatian pada suatu obyek tertentu. Sementara secara struktural minat merupakan suatu elemen dalam diri individu baik bawaan maupun yang diperoleh lewat proses belajar, yang menyebabkab seseorang merasa mendapatkan manfaat terhadap suatu obyek tertentu atau merasa yang berhubungan dengan obyek tertentu atau terhadap suatu pengetahuan tertentu.

Crow dan Crow (1973) mengemukakan minat atau interest adalah merupakan kekutan individu yang menyebabkan individu memberikan perhatian pad orang , benda atau aktivitas. 3 faktor yang mendasari timbulnya minat adalah :
1. Faktor dorongan dalam; dorongan dari individu itu sendiri, sehingga timbul minat untuk melakukan aktivitas atau tindakan tertentu untuk memenuhinya. Misalnya untuk dorongan makan, menimbulkan minat untuk mencari makanan.
2. Faktor motivasi sosial; faktor ini merupakan faktor untuk melakukan suatu aktivitas agar dapat diterima dan diakui oleh lingkungannya. Minat ini merupakan semacam kompromi pihak individu dengan lingkungan sosialnya. Misalnya minat pada studi karena ingin mendapatkan penghargaan dari orang tuanya.
3. Faktor emosional; minat erat hubungannya dengan emosi karena faktor ini selalu menyertai seseorang dalam berhubungan dengan obyeknya minatnya. Kesuksesan seseorang pada suatu aktivitas disebabkan karena aktivitas tersebut menimbulkan perasaan suka atau puas, sedangkan kegagalan akan menimbulkan perasaan tidak senang dan mengurangi minat seseorng terhadap kegiatan ybs.

Karena kekomplekan kepribadian seseorang faktor-faktor tersebut di atas tidak berdiri sendiri secara terpisah tetapi terpadu sebagai penyebab timbulnya minat pada diri seseorang.

Beberapa pendapat di atas menunjukkan bahwa minat merupakan suatu hal yang penting karena minat merupakan suatu kondisi awal sebelum subyel mempertimbangkan atau membuat keputusan untuk melakukan tindakan. Minat merupakan perasaan tertarik, suka dan percaya terhadap suatu obyek yang dipersepsi menyenangkan dan bermanfaat bagi subyek dan miant memiliki komponen afektif, kognitif, dan konatif.

Satu Tanggapan

  1. thx u for ur information…..it’s very useful for me..

Tinggalkan komentar