Anak berkebutuhan khusus

anak-anak autis … sebenarnya sama aja dengan anak-anak lain koq … hanya bedanya mereka nggak komunikatif dengan orang lain dan sering kali melakukan flapping (menggerakkan tangan seperti pinguin)

sama aja dengan anak lain yang tidak suka jika diganggu, anak autis juga begitu … tapi … anak autis bisa lebih heboh karena susah untuk meredakan emosinya …

biasanya mereka menyerang jika keasyikan mereka terganggu … contohnya … suara yang gaduh, sentuhan dari seseorang, instruksi, dll …

agak susah ya untuk menentukan apakah anak itu autis atau tidak … karena harus diobservasi terlebih dahulu …

kenapa? soalnya ada juga anak yang memang lincah, ada yang attention defisit disorder, ada yang att def hyperactivity disorder, asperger, autis, dll … nah semua label yang saya sebutkan itu gejalanya sepintas lalu hampir sama … bener-bener nggak gampang untuk bisa mendiagnose …

sebenarnya nggak perlu khawatir dengan anak-anak seperti itu koq … murid-murid di sekolahan malah sayang sama mereka … dan justru … dengan kasih sayang dan perhatian dr teman-temannya, si anak autis bisa terpacu untuk belajar bersosialisasi …

ADD dan ADHD? ya di H-nya dong … penjelasan yang simpel aja ya … anak ADD daya konsentrasinya rendah tetapi tidak selalu hiperaktif (berperilaku impulsif), tetapi anak ADHD pasti berdaya konsentrasi rendah dan hiperaktif (berperilaku impulsif).

Contohnya gini … si X tuh ADD sementara si Y tuh ADHD … nah dua-duanya dapat tugas mengerjakan soal matematika sebanyak 10 butir …

si X dapat duduk mengerjakan tetapi pikiran dan matanya kemana-mana … ia harus ditegur untuk kembali melihat soal dan mengerjakannya …
sementara si Y akan terus menerus menggerakkan badan, entah maju mundur, membolak-balik kertas, memainkan pensil, mengacak-acak rambut, atau bahkan beranjak dari tempat duduknya sebelum semua soal berhasil dikerjakan … ia harus disentuh untuk kembali melihat soal dan mengerjakannya …

asperger dan autis? hmm … agak panjang ceritanya …

syndrome asperger (SA) memang berada dalam autism spectrum disorders (ASD) …

sementara di dalam ASD sendiri juga ada autistism, rett syndrome, childhood disintegrative disorder (CDD), dan Pervasive developmental disorder not otherwise specified (PDD-NOS) …

ASD dan autis emang suka disamakan sama orang awam … (termasuk saya … hehehe)

singkat cerita …

kalau autism … tenggelam dalam dunianya sendiri, komunikasi terbatas (banyak yang non verbal) sehingga otomatis tidak mampu berinteraksi sosial … juga menunjukkan perilaku berulang dan minat yang terbatas

asperger menunjukkan ciri autism dalam interaksi sosial dan komunikasi tetapi tidak tenggelam dalam dunianya sendiri

rett syndrome menunjukkan ciri autism dalam gerakan berulang dan tidak terkontrol. RS juga mengalami keterbatasan interaksi sosial & komunikasi, namun lebih disebabkan oleh gerakan-gerakan tidak terkontrol tersebut

CDD … merujuk pada hilangnya hampir semua kemampuan anak (bahasa, sosial, minat, bermain, dll) pada rentang usia 2 – 10 th padahal sebelumnya ia berkembang dengan normal

PDD-NOS … kalau anak menunjukkan sebagian ciri autism tetapi tidak dapat dimasukkan dalam keempat kategori di atas …

yah … kira-kira gitu deh … maaf kalau ada yang tidak benar …
Yanti D.P.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: