multiple intelligence

Berbicara mengenai multiple intelligence, banyak hal yang dapat diungkapkan disini.

Bagi kebanyakan orang yang disebut dengan orang atau anak yang cerdas adalah anak yang mampu dalam hal menulis, membaca dan matematika. Namun dalam perkembangan lebih jauh ternyata kecerdasan tidak hanya meliputi tiga hal di atas semata, masih ada lagi aspek-aspek lainnya yang juga dapat digunakan sebagai tolok ukur untuk ‘menyebut’ seorang anak termasuk golongan anak yang cerdas.

Gardner (dalam Armstrong, 2002) menyebutkan ada delapan aspek dalam multiple intelligence, antara lain kecerdasan linguistik (word smart), kecerdasan logis-matematis (number smart), kecerdasan spasial (picture smart), kecerdasan kinestetik-jasmani (body smart), kecerdasan musikal (music smart), kecerdasan antar pribadi (people smart), dan kecerdasan intrapribadi (self smart), serta kecerdasan naturalis (nature smart).

  1. Kecerdasan linguistik adalah kemampuan seseorang menggunakan kata-kata secara efektif. Termasuk dalam kecerdasan ini adalah kemampuan untuk mengeja, kosakata, dan tata bahasa. Kecerdasan linguistik sangat berkaitan dengan kemampuan berbicara, membaca, dan menulis dan menulis.
  2. Kecerdasan spasial
  3. Kecerdasan kinestetik-jasmani adalah kecerdasan olah tubuh dan tangan.
  4. Kecerdasan musikal yaitu kemampuan seseorang dalam menyanyikan lagu, kepekaan akan irama, mengingat melodi musik ataupun sekadar menikmati musik.
  5. Kecerdasan antar pribadi berupa kemampuan untuk bekerja dan memahami orang lain. Kecerdasan ini meliputi beberapa kemampuan seperti kemampuan berempati pada orang lain, ataupun kemampuan untuk memanipulasi sejumlah orang untuk mencapai suatu tujuan bersama.
  6. Kecerdasan intrapribadi adalah kecerdasan untuk memahami diri sendiri, mengetahui siapa diri kita sebenarnya. Hal ini berkaitan dengan mengetahui apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan diri sendiri.
  7. Kecerdasan naturalis yaitu kemampuan untuk mengenali bentuk-bentuk alam di sekitar kita.

Satu Tanggapan

  1. terima kasih buat artikel-artikelnya.membantu saya mencari istilah tentang psikologi.
    *psikologi ums 08*

    Senang bisa membantu, silakan tanyakan saja istilah-istilah yang ingin Mbak tanyakan, nanti kami usahakan untuk mencarikan jawabannya. Referensi kami cukup banyak dan ada beberapa psikolog yang turut membantu kami di sekolahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: