Rencana Aktivitas TK-A : Tour Sekolah

Kegiatan

  1. Buat lingkaran kecil agar anak-anak berkumpul. Buatlah barisan, ajaklah anak-anak untuk menyanyikan lagu ular tangga, kemudian ajaklah anak untuk mengelilingi kelas. Terangkan kepada anak-anak bahwa ruangan tempat mereka berdiri saat ini merupakan ruangan yang akan banyak dipakai oleh anak.
  2. Letakkan jejak kaki di lantai dan mintalah anak-anak itu untuk mengikuti pola tersebut. Letakkan berpindah-pindah sehingga anak-anak dapat berbelok-belok. Lakukan sambil bernyanyi.
  3. Buatlah anak-anak dalam satu lingkaran kemudian mintalah anak-anak untuk melakukan gerakan-gerakan binatang yang disebutkan oleh educator. Lalu lemparkan bola besar ke salah satu anak lalu mintalah anak itu untuk melemparkannya ke anak yang lain. Mintalah kepada anak-anak untuk melakukannya sehingga semua anak memperoleh giliran. Gantilah dengan bola yang lebih kecil.
  4. Istirahat, manfaatkan untuk mengajak anak makan dan minum bekalnya.  
  5. Tempelkan potongan-potongan gambar yang ada kemudian terangkan kepada anak-anak tentang sesi-sesi yang akan mereka jalani selama mengikuti program TK-A. Jelaskan bahwa anak-anak akan mengikuti beberapa kegiatan utama seperti snack-time, berdoa dan waktu bermain. Tanyakan kepada anak-anak tentang pengalaman mereka sebelumnya yang berhubungan dengan hal ini.
  6. Membentuk benda dari kertas bekas dan kertas koran. Kaitkan dengan penjelaskan sebelumnya. Buang sampah, tempat lem, dsb.
  7. Merapikan mainan lalu duduk di tempat yang sudah disediakan
  8. Berkemas-kemas
  9. Berdoa lalu menyanyikan lagu sayonara

Yanti D.P. dari Bintang Bangsaku untuk Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: