Media Pembelajaran Dan Alat Permainan

Secara umum media pembelajaran adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media..

Menurut Heinich, dkk (1985) Media pembelajaran adalah media-media yang membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan pembelajaran atau mengandung maksud-maksud pembelajaran.

Media Martin dan Briggs (1986) mengemukakan bahwa media pembelajaran mencakup semua sumber yang diperlukan untuk melakukan komunikasi dengan si-belajar. Hal ini bisa berupa perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan pada perangkat keras.

Menurut H Malik (1994) media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan si belajar dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

Anggani Sudono mengemukakan bahwa media pembelajaran atau sumber belajar adalah bahan termasuk juga alat permainan untuk memberikan informasi maupun berbagai keterampilan kepada siswa; antara lain buku referensi, buku cerita, gambar-gambar, nara sumber, benda atau hasil-hasil budaya.

Fungsi Media Pembelajaran/Sumber Belajar :

  • Memberikan kesempatan berasosiasi kepada anak untuk mendapatkan dan memperkaya pengetahuan dengan menggunakan berbagai alat, buku, nara sumber atau tempat.
  • Meningkatkan perkembangan anak dalam berbahasa melalui komunikasi dengan mereka tentang hal-hal yang berhubungan dengan sumber belajar.

Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat yaitu :

  1. Media pembelajaran harus meningkatkan motivasi pembelajar.
  2. Media juga harus merangsang pembelajar mengingat apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar baru.
  3. Mengaktifkan pembelajar dalam memberikan tanggapan, umpan balik dan juga mendorong siswa untuk melakukan praktek-praktek dengan benar.

Ciri-ciri media pembelajaran diantaranya:

  1. Penggunaan yang dikhususkan atau dialokasikan pada kepentingan tertentu.
  2. Alat untuk menjelaskan apa yang ada di buku pelajaran baik berupa kata-kata simbol atau bahkan angka-angka.
  3. Media pembelajaran bukan hasil kesenian
  4. Pemanfaatan media pembelajaran tidak sebatas pada suatu keilmuwan tertentu tapi digunakan pada seluruh keilmuwan.

S.B. Widyandani

Iklan

2 Tanggapan

  1. Ada referensi tentang media cerita gambar tolong dong dikirim buat bahan skripsi saya, thanks be4……..

    Maksudnya media cerita gambar itu apakah media gambar? media cerita? atau cerita bergambar?
    Saya punya beberapa buku yang berkaitan dengan seni rupa/gambar, cerita, dan media pembelajaran, tidak ada yang gabungannya. Semuanya hard copy, jadi sepertinya agak sulit untuk mengirimkannya ke Basir. Kalau mau yang soft copy, Basir langsung download saja dari forum ebook yang ada di sidebar.

  2. Saya membutuhkan artikel/referensi tentang media pembelajaran. terima ksih ini ada sumbangan yang berguna. Kalau boleh saya mohon bantuan berupa referensi tentang media visual dan audiovisual, apakah Saudara bisa membantu mencarikannya? Terima ksih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: